Lebih Dekat dengan Kajati NTB yang Baru

0

Mataram, katada.id – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Barat (NTB) Enen Saribanon mengawali karir Korps Adhyaska di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi.

Ia memulai karir sebagai staf tata usaha dan jaksa fungsional tahun 1993 di Kejari Bekasi. Kemudian, Enen Saribanon melanjutkan karir dalam sejumlah jabatan struktural di beberapa satuan kerja Korps Adhyaksa.

Menurut catatan kejaksaan, perempuan kelahiran Bekasi 11 Februari 1969 tersebut pernah menjabat Kepala Subseksi (Kasubsi) Penuntutan di Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

Kemudian, Kasubsi Teknologi, Informasi dan Prodsarin Bidang Intelijen di Kejari Serang, Kepala Subbidang Hubungan Media dan Kehumasan di Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Pengkaji di Kejati DKI Jakarta, dan Kepala Kejari Boyolali.

Selanjutnya, Enen juga pernah menorehkan karir sebagai Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Perpajakan dan Pidana Pencucian Uang pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejagung RI.

Enen kembali ke Bekasi dengan mengemban tugas sebagai Kepala Kejari Bekasi. Karir Enen kemudian melonjak setelah mendapat amanah sebagai Asisten Pengawasan (Aswas) Kejati Jawa Barat.

Berangkat dari pengalaman sebagai Aswas Kejati Jawa Barat, Enen mendapat kepercayaan sebagai Inspektur Muda Kepegawaian dan Tugas Umum pada Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAMWas) Kejaksaan RI.

Tugas Enen pada Korps Adhyaksa kemudian berlanjut dengan mengemban jabatan Koordinator pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAMPidum) Kejagung RI.

“Tahun 2020, beliau kemudian mendapat amanah untuk menjabat Wakil Kepala Kejati NTB,” kata Juru Bicara Kejati NTB Efrien Saputera di Mataram, Senin (27/5).

Selama dua tahun menjabat sebagai Wakil Kepala Kejati NTB, Enen menempuh pendidikan ilmu hukum hingga meraih gelar magister.

Usai mendapat gelar pendidikan magister ilmu hukum, pada awal tahun 2023, Enen kembali mendapat amanah yang sama sebagai Wakil Kepala Kejati Jambi.

Pada 21 Mei 2024 sesuai Surat Keputusan Jaksa Agung RI (Kepja) Nomor 121 Tahun 2024, ia mendapat promosi sebagai Kajati NTB.

Tindak lanjut dari Kepja tersebut, Efrien mengatakan pelantikan Enen Saribanon akan berlangsung dalam waktu dekat di Jakarta bersama 77 pejabat eselon II dari Korps Adhyaksa.

“Sejauh ini belum ada petunjuk kapan pelaksanaannya (pelantikan). Yang jelas, pelantikan nanti akan berlangsung di Jakarta yang dipimpin langsung Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin,” tandas Efrien. (ain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here