4.980 UMKM KLU Diajukan Terima Bantuan Rp 2,4 Juta

0
PRODUK UMKM: Sejumlah produk UMKM KLU yang dijual dalam sebuah bazar, belum lama ini

Lombok Utara- UMKM menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian untuk pemulihan ekonomi warga di tengah pandemi covid-19. Di KLU, sebanyak 4.980 UMKM diajukan untuk menerima bantuan pemerintah senilai Rp 2,4 juta.

“Jadi usulan ini batasannya sampai September ini,” Ungkap Plh Diskoperindag KLU H M Najib, Jumat (4/9).

Kata dia, saat ini proses pengajuan masih sedang berjalan. Artinya, masing masing UMKM sedang mengajukan berkasnya. Terkait jumlah penerima bantuan, kata dia, tidak ada patokan target jumlah. Secara nasional, pemerintah pusat menargetkan sebanyak 12 juta UMKM calon penerima bantuan.

“Kami imbau semua UMKM mengajukan berkasnya,” sambung dia.

Najib berharap semua UMKM yang sudah mengajukan berkas sejauh ini dapat memenuhi syarat. Begitu juga UMKM yang belum mengajukan, agar segera mengajukan berkas. Bantuan tersebut dinilai bisa membantu UMKM bertahan di tengah pandemi ini.

“Jadi bantuan ini adalah hibah dari presiden, dan ini sangat membantu di masa pandemi Covid-19 ini,” kata dia.

Ia melanjutkan,  untuk mempermudah masing-masing UMKM, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran persyaratan. Surat edaran tersebut sudah disebar ke seluruh UMKM yang ada di KLU, termasuk juga via Fanspage FB dan Website Diskoperindag KLU.

“Karena persyaratan ini kan hanya foto copy KTP, buku rekening yang berisi 2 juta, Izin usaha dan NPWP,” jelas dia.

Tidak hanya itu, guna mempercepat proses ini, pihaknya juga sudah menurunkan tim pendamping UMKM Diskoperindag.  Ia berharap, disaat masyarakat mengalami keterpurukan ekonomi karena Covid-19. Adanya bantuan ini, diharapkan untuk memulihkan kembali permodalan UMKM agar tidak gulung tikar.

Alhamdulillah walaupun hanya Rp 2,4 juta tapi ini sangat bermanfaat agar para UMKM ini tidak gulung tikar,” pungkasnya. (ham).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here