Mantapkan Penetapan Dewan Yang Terhormat, KPU Gelar Rakor Pengamanan

0
91
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar Rakor yang berlangsung di Rumah Makan BBA Pelibelo, Kamis (8/8).

BIMA-Memantapkan persiapan pengamanan penetapan perolehan kursi dan anggota DPRD, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar Rakor yang berlangsung di Rumah Makan BBA Pelibelo, Kamis (8/8).

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pihak terkait. Seperti, TNI, Polri, Badan Kesbangpol, Satpol PP dan Bawaslu Kabupaten Bima.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran menyampaikan, agenda rakor itu fokus untuk persiapan pengamanan pada saat penetapan perolehan kursi dan Anggota DPRD terpilih. “Pengamanan ini merupakan faktor penting untuk memastikan kegiatan berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap, melalui Rapat Koordinasi (Rakor) itu sejumlah pihak dapat memberikan masukan atau usul saran. Dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Terutama yang berkaitan dengan keamanan saat penetapan DPRD mendatang. “Penetapan kursi dan DPRD terpilih itu merupakan agenda penting yang harus dijamin keamanannya,” tegas Imran.

Selain itu, lanjut dia, Rakor itu untuk menyamakan persepsi terkait prosedur pelaksanaan kegiatan di lokasi mendatang.

Sementara pleno penetapan DPRD terpilih dan perolehan kursi oleh KPU, kata dia, akan dilaksanakan paling lambat lima hari pascaputusan Mahkama Konstitusi (MK). Terkait gugatan sengketa yang diajukan Partai Nasdem Dapil VI Kabupaten Bima.

“Insya Allah sesuai jadwal, sidang putusan MK itu akan dibacakan kemarin (Kamis 8/8, red). Sehingga kita perkirakan pleno dilaksanakan paling lambat Selasa pekan depan, setelah Idul Adha,” urainya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah mengusulkan, lokasi penetapan dilakukan di Kabupaten Bima. Sehingga apapun keputusannya dapat langsung diketahui masyarakat.

“Ada kebangaan tersendiri bagi masyarakat, jika penetapan itu dilaksanakan di Kabupaten Bima. Bisa memilih, apakah di Bolo, Woha atau sekitarnya yang lokasinya mendukung,” ujarnya.

Dari aspek keamanan, Kapolres Bima diwakili Kasat Intel IPTU Arief Hamid menjamin pelaksanaan pleno penetapan itu akan berlangsung aman. Suasana Kabupaten Bima secara umum pasca Pemilu hingga kini, kondusif. “Prinsipnya kita siap mengamankan agenda pleno KPU. Apalagi ini agenda besar, wajib kita amankan di manapun lokasinya,” tegas Arif. (mch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here