Pasien Corona Sisa 2, KLU Selangkah Menuju Zona Hijau

0
Koordinator Juru Bicara Kehumasan Satuan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 KLU, Evi Winarni (tengah) membacakan pres rillis Covid-19 di aula Bupati Lombok Utara, Selasa (16/6)

Lombok Utara, Katada.id – Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Lombok Utara (KLU) relatif membaik. Hal ini dilihat dari jumlah pasien positif yang sudah sembuh. Dari 45 pasien positif, sebanyak 42 orang sembuh dan satu meninggal dunia. Artinya, KLU selangkah lagi menuju zona hijau Covid-19.

“Perkembangan Covid-19 di Lombok Utara sudah mulai relatif pulih,” Ungkap Koordinator Juru Bicara Kehumasan Satuan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 KLU, Evi Winarni, Selasa (16/6).

Ia menjelaskan, saat ini terdapat dua pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di unit layanan karantina. Dipaparkannya, per tanggal 15 Juni ini terdapat sebanyak 35 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan saat ini tengah melakukan isoalasi mandiri.

Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) ada sebanyak 356 orang, juga sedang melakukan isoalasi mandiri. Pasein Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 26 orang dan positif sebanyak 45 orang. Dari jumlah yang positif tersebut, yang sembuh sebanyak 42 orang, masih dalam perawatan medis 2 orang dan meninggal 1 orang.

Namun kata dia, jumlah yang sudah di lakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) ada sebanyak 2.936 orang. Dengan hasil reaktif sebanyak 171 orang, dan non reaktif sebanyak 2.765 orang. Artinya total RDT yang sudah dipakai  Dinas Kesehatan KLU sebanyak 5480 set. “Sedangkan sekarang ini ketersediaan RDT di Dinas Kesehatan masih tersisa sejumlah 2394 set,” sambungnya

Lanjut dia, dalam rangka  pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KLU sudah melaksanakan berbagai kegiatan. Diantaranya yakni melakukan pengecekan suhu tubuh pada 3 kawasan perbatasan KLU, yaitu Pusuk Pass, Klui Malaka dan  Sambik Elen Bayan.

Tidak hanya itu, Gugus Tugas juga melakukan penyemprotan disifektan di tempat-tempat umum. Serta melakukan penyuluhan tentang penyebaran pandemi Covid-19, penertiban penataan jarak lapak antar pedagang di Pasar Tanjung,  Pemenang, Gondang dan  Pasar Mingguan Tampes juga Kayangan.

“Kita juga telah melaksanakan kontrol di Pelabuhan Bangsal terkait keluar masuknya masyarakat lokal yang menyeberang ke 3 Gili, sekaligus memberikan imbauan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker,” pungkasnya. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here