Polres Bima Siagakan 150 Personel dan Rantis Canggih Amankan Pelantikan Presiden

0
114
Personel Polres Bima saat latihan menggunakan Rantis.

Katada.id, Bima – Polres Kabupaten Bima menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin pada Ahad besok, 20 Oktober 2019. Polisi juga akan menyiagakan kendaraan taktis (Rantis) pengendalian massa.

Tadi sore, personel Polres Bima melakukan kegiatan latihan dalam penggunaan Rantis. Kegiatan tersebut sekaligus untuk menunjukkan kesiapan personel Polres Bima dalam melaksanakan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden.

Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo menyampaikan, kendaraan ini adalah pengadaan dari Mabes Polri dalam rangka mendukung operasional tugas kepolisian. Khusus dalam hal melaksanakan kegiatan pengendalian masa.

”Kami bersyukur dipercayakan untuk memiliki kendaraan tersebut karena di jajaran Polri hanya terdapat 5 unit Rantis di seluruh indonesia, yang salah satunya ada di Polres Bima,” katanya, Minggu (19/10).

Beberapa personel telah mendapatkan pelatihan secara khusus untuk mengoperasionalkan kendaraan tersebut. Dimana personel yang telah ditunjuk tergabung dalam 1 unit khusus utk mengendalikan kendaraan tersebut.

”Kendaraan Rantis ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari barigade pengendalian masa yang terbuat dari baja sampai dengan fasilitas GPS dan kamera CCTV,” jelasnya.

Kendaraan ini diyakini lebih efektif dan efisien saat digunakan, khusus disaat melaksanakan kegiatan pengendalian masa/melindungi anggota. Misalnya dari lemparan benda-benda tertentu dari masa aksi unjuk rasa apabila terjadi kericuhan.

”Kendaraan ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas terutama dalam menjaga keselamatan anggota dari segala ancaman yang datang,” harapnya.

Mengenai pengamanan pelantikan presiden, kapolres menambahkan, pihaknya menyiagakan sekitar 150 personel. Ia berharap pelantikan presiden berjalan damai dan aman. ”Saya imbau kepada masyarakat agar turut menjaga keamanan. Tidak melakukan aksi-aksi yang melanggar aturan,” imbaunya. (sm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here