Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima Dibekali Keterampilan Hadapi Situasi Darurat

0
Pj Wali Kota Bima Mukhtar Landa membuka pembinaan aparatur pencarian dan pertolongan bagi petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima, Senin (14/10).

Kota Bima, katada.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Mukhtar Landa membuka pembinaan aparatur pencarian dan pertolongan (penyelamatan/evakuasi) bagi petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkar) Kota Bima, Senin (14/10).

Mukhtar menjelaskan, pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan petugas pemadam kebakaran, dalam hal penyelamatan kota dan korban kebakaran.

’’Perlunya memiliki kemampuan dan kesiapsiagaan tim pemadam kebakaran dalam menghadapi situasi darurat,’’ terangnya.

Kegiatan ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme, keterampilan, dan kemampuan tim penyelamat dalam memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada warga yang terdampak. ’’Terpenting yang perlu diperhatikan adalah menjaga fisik dan kesehatan, karena ini merupakan penunjang utama dalam menjalankan tugas,” ujar Mukhtar.

Pembinaan ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan terbaru mengenai teknik penyelamatan serta penanganan bencana. Diharapkan, para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan respons dalam keadaan darurat.

’’Melalui pembinaan ini, Kota Bima dapat lebih siap menghadapi berbagai potensi bencana dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi warganya,’’ terangnya Mukhtar.

Menurutnya, pembinaan petugas pencarian dan pertolongan ini merupakan upaya pemerintah untuk memastikan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan guna memberikan tindakan penyelamatan terhadap warga.

’’Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama antara instansi pemerintah dan masyarakat dalam upaya menjaga keselamatan dan ketertiban di Kota Bima,’’ pungkasnya. (rl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here