Dua Dusun Krisis Air, Program Pamsimas Sia-sia, Warga Kananta Gali Sumur Sendiri

0
358
Warga di Dusun Kananta sedang menggali sumur, pekan lalu.

BIMA-Krisis air melanda wilayah Soromandi, Kabupaten Bima, NTB. Tepatnya di Desa Kananta. Dua dusun yang masih kesulitan mendapatkan air bersih, yakni di Dusun Teh dan Kananta.

Sementara, dusun-dusun yang lain sudah tidak ada masalah. ’’Kalau yang dua dusun sudah lama krisis air,’’ kata Kepala Desa Kananta, Aidin Abdullah, Jumat (12/7).

Untuk mencukupi kebutuhan air, warga menggali sumur sendiri dengan manfaatkan areal persawahan. Cara itu dianggap efektif, meski warga harus menempuh jarak yang lumayan jauh. ’’Warga memanfaatkan lahan pertanian yang berada di dataran yang lebih rendah,’’ ungkapnya.

Salah seorang warga Kananta, Baharudin mengaku pernah turun bantuan pemerintah untuk mengatasi krisis air. Contohnya program Pamsimas. Namun program tersebut hanya berhasil pada saat uji coba saja. ’’Setelah uji coba tidak ada air yang keluar. Sia-sia saja,’’ kata dia.

Saat ini, warga sudah menggali sumur sendiri dengan kedalaman mencapai belasan meter. ’’Kalau tidak begitu, maka warga susah dapatkan air,’’ ujar pria yang juga Ketua PK KNPI Soromandi ini. (one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here