Wagub Rohmi Minta Nakes KLU Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

0
Pantau: Wakil Gubernur (Wagub) NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah memantau kondisi ruangan hiperbarik yang ada di RSUD Lombok Utara, Kamis (1/10).

Lombok Utara, Katada.id- Wakil Gubernur (Wagub) NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah mengunjungi dan menyemangati tenaga kesehatan (Nakes) di KLU. Sama seperti di kabupaten/kota lainnya, kunjungan tersebut untuk menyemangati Nakes dalam melayani masyarakat di tengah pandemi ini. Selain itu, Wagub meminta seluruh fasilitas kesehatan di KLU untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Sistem manajemen yang baik dengan tata kelola dan perencanaan yang matang, akan melahirkan semangat kerja dan motivasi yang berlipat – lipat,” kata Wagub usai kunjungan di RSUD Lombok Utara, Kamis (1/10).

Kata dia, bangunan RSUD maupun Puskesmas sudah bagus. Hal itu, kata dia, harus dibarengi denggan sistem managemen yang baik. Artinya, penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) harus efektif dan efisien di semua pelayanan. Sebab kunci pelayanan kesehatan maksimal menghadapi pandemi adalah manajemen yang baik.

“Pelayanan kita kepada masyarat harus sama,” tegas perempuan berhijab ini.

Ia melanjutkan, manajemen baik akan mampu meningkatkan semangat dan motivasi para tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat. Sebab itu ia juga mengingatkan pengelola kesehatan untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman di lingkungan kerja.

Mantan ketua DPRD Lotim ini mengingatkan, agar jangan terlena dengan status zona kuning pada wilayah KLU. Semua harus tetap waspada dan terapkan disiplin protokol Covid. Upaya pencegahan  dan memutus mata rantai penyakit ini masih terus dilakukan.

“Saya minta Nakes di KLU terus memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata dia.

Rohmi juga mengingatkan agar program revitalisasi posyandu keluarga terus dikembangkan.  Sebab posyandu keluarga dapat membantu puskesmas dan RSUD sebagai media edukasi center kesehatan masyarakat.

“Posyandu keluarga ini manfaatnya luar biasa, karena terintegrasi dengan beberapa program dalam melayani Ibu dan balita,  remaja hingga lansia,” tutup dia.

Sementara itu, Plt. Sekda KLU Raden Nurjati mengapresiasi motivasi Wagub pada para Nakes. Kehadiran Wagub dinilai menjadi imun bagi para Nakes dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat KLU.

“Ini spirit untuk kami dalam peningkatan layanan baik dari segi fasilitas maupun tenaga,” kata Nurjati.

Kata dia, KLU saat ini telah memasuki zona kuning. Ini merupakan keberhasilan masyarakat KLU yang selalu disiplin terapkan protokol Covid. Di samping itu Pemkab KLU, bersama dengan TNI/Polri terus fokus operasi untuk tegakan Perda nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular.

“Kami teruskan giat dan operasi penertiban, bila ada yang melanggar kami berikan sangsi sesuai perda dan pergub,”tegas dia. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here