Butuh 12 Jam Padamkan Kebakaran Dua Bukit di Lombok Utara

0
132
Tim Damkar KLU tengah berusaha memadamkan api yang bergeser ke arah kabel listrik.

LOMBOK UTARA-Dua bukit di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU) ludes terbakar. Butuhkan waktu sekitar 12 jam untuk menjinakkan api.

Sementara, penyebab kebakaran masih didalami. “Jadi kebakaran mulai dari belakang Puskesmas Nipah sampai di Padanan,” ungkap Arif Chandra, Operasional Kebakaran, Damkar KLU, Senin (19/8).

Dua bukit yang terbakar yakni Bukit di Dusun Nipah dan Padanan. Kebakaran tersebut terjadi mulai pukul 14.00 Wita dan berhasil dipadamkan pada pukul 02.00 Wita. Ia mengaku kesulitan memadamkan api tersebut, lantaran api terus bergeser sehingga sulit dijangkau oleh petugas.

Untuk itu, timnya terus mengamati pergeseran api tersebut, guna mengantisipasi mengarah ke pemukiman warga juga ke kabel listrik sepanjang jalan. “Tapi ternyata api itu tiba-tiba sudah bergeser dan sudah menyebar hingga di atas bukit juga,” katanya.

Menurut dia, api cepat menjalar dikarenakan arah angin yang selalu berubah-ubah. Terus radiasi panas juga sehingga menyebabkan api itu cepat menyebar. Bisa dibayangkan, api tersebut menyebar ke sisi kiri dan kanan sehingga membuat timnya kesulitan memadamkannya dengan cara manual. Apinya terus menyebar, yang awalnya tiga titik sekarang hingga mencapai puluhan titik.

“Kalau kita hitung hostpotnya ini sudah banyak sekali yah, dan ini lebih dari sepuluh. Karena penyebaran api inikan cepat sekali berpindahnya,” jelas dia.

Untuk armada, pihaknya mengaku baru mengerahkan dua armada. Yakni mobil tembak satu dan mobil yang menyuplai air satu. Tidak hanya itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan armada suplay air dari BPBD, PMI dan Dinas LH, KLU.

“Dan ini juga kita minta bantuan ke Polda NTB untuk mengerahkan water cannon. Karena yang paling kita jaga jalur listrik ini,” pungkasnya. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here